Petir, merupakan buku seri ketiga dari supernova Dewi Lestari, melanjutkan pendahulunya yaitu “Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh’ dan “Akar”. Berbeda dengan seri supernova pendahulunya, buku ini terasa lebih ‘ringan’. Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Dee lebih banyak menyelipkan kalimat-kalimat yang bisa dikatakan menghibur dan akan membuat tertawa bagi yang membacanya. Petir juga memunculkan tokoh utama baru dari pendahulunya. Namun yang perlu kalian tahu bahwa buku ini memiliki hubungan dengan supernova yang lain.

Etra adalah panggilannya, nama panjangnya adalah Elektra. Kakaknya bernama Watti. Ada yang aneh dengan dua nama di atas? Ya..semua ada hubungannya dengan listrik. Ayahnya yang memiliki bengkel elektronik dirumahnya memberi nama anak-anaknya dengan dunia yang tidak jauh dari kehidupan sehari-harinya. Etra bisa dibilang anak kesayangan dari ayahnya. Mereka memiliki ikatan batin yang kuat dan berbeda dengan yang lain. Hingga suatu hari ayahnya meninggal setelah dia menyelesaikan kuliahnya. Kakaknya memilh menikah dengan seorang yang bekerja di pertambangan. Dia meninggalkan Etra sendirian di Bandung dan ikut suaminya ke Tembagapura. Sering sekali kakaknya menawari Etra untuk ikut dengannya dan menikah dengan teman suaminya. Dengan begitu kehidupan mereka lebih mapan. Namun Elektra menolaknya, dia memilih untuk merawat Elanor, rumah peninggalan jaman Belanda, yang diwariskan oleh keluarganya. Hingga suatu saat dia bertemu dengan ibu Sati yang mengetahui bakat terpendam yang sangat besar yang dimiliki Etra. Ibu Sati sudah seperti ibunya sendiri. Bisa dikatakan Ibu Sati juga yang berperan terhadap Etra untuk berani menghadapi kehidupan ini. Pertemuan dengan Kewoy, Mi’un, Mpret, dan ‘Elektra Pop’ nya mengubah jalan hidup Elektra. Dia menjadi seorang yang sangat dicari dan dihormati.

Siapakah Kewoy, Mi’un, Mpret? Bakat apakah milik Etra yang ditemukan oleh ibu Sati? Apakah hubungan Petir dengan Supernova Akar? Kalian akan menemukan jawabannya setelah selesai membaca halaman terakhir buku in. Happy Reading 🙂

Advertisements