Partikel merupakan buku seri ke 4 dari Spernova setelah pendahulunya Ksatria Putri dan Bintang Jatuh, Akar dan Petir. Dewi Lestari seperti tak kehilangan akal untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang sangat menarik untuk dinikmati. Perlu waktu 8 tahun untuk melanjutkan seri supernova sebelumnya. Dalam karya terbarunya ini, Dee memberikan suguhan yang bisa mengobati kekecewaan pembacanya. Pada dasarnya Partikel merupakan lanjutan dari seri sebelumnya, tapi Dee memunculkan tokoh utama baru lagi dalam buku ini. Tentu dengan cerita yang berbeda. Menarik adalah keberanian Dee yang memasukkan konflik yang jarang sekali kita jumpai. Dee seperti ingin memberikan persepsi lain pada pembacanya tentang agama. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga bisa dikatakan ‘berani’. Sebuah karya yang memberikan warna berbeda.

Zarah merupakan anak dari seorang dosen sebuah perguruan tinggi di Bogor, namanya Firas . Firas dibesarkan dari keluarga yang agamis. Bapaknya adalah seorang yang dihormati dikampungnya. Namun ketertarikan pada dunia ilmu pengetahuan yang tinggi membawanya semakin menjauh dari keluarganya. Sibuk dengan penelitian yang dilakukan membuat dirinya semakin jauh dari kehidupan yang normal. Hingga suatu hari Firas yang menghilang begitu saja dan tak kembali kepada keluarganya. Seperti hilang ditelan bumi, tak ada seorangpun tahu di mana dia berada. Namun hilangnya Firas tidak berarti masalah selesai begitu saja. Secara tidak langsung, dia telah mewariskan sebagian sifatnya pada Zarah, anaknya. Sejak ayahnya menghilang, Zarah memiliki hasrat untuk mencari keberadaan ayahnya. Dia mempelajari catatan-catatan yang diberikan oleh ayahnya, meskipun keluarganya tetap melarangnya, berharap dia mendapatkan petunjuk dari semua itu. Hingga tiba pada saat hari ulang tahun yang ke-17 Zarah mendapatkan kado dari seorang yang merahasiakan namanya. Ayahnya dulu pernah menjanjikan kado kalau ia sudah berusia 17 tahun. Kado itulah yang membuat ia yakin bahwa ayahnya masih hidup. Kado itu membawa Zarah berpetulang ke pedalaman Kalimantan, Eropa bahkan sampai Afrika. Hanya untuk satu tujuan, menemukan ayahnnya kembali!

Perjalanan Zarah untuk menemukan kembali Ayahnya sangatlah berat. Dia menemukan orang-orang baru di dunia luar, menemukan keluarga baru, dan sempat menemukan cinta, walaupun akhirnya sangat menyakitkan buatnya. Apakah Zarah berhasil menemukan keberadaan ayahnya kembali? Bagaimana saja kisah Zarah menghadapi segala cobaan dalam perjalanan hidupnya? Petualangan  yang sangat sayang untuk dilewatkan. Happy Reading!

Advertisements