Novel terbaru Tere Liye terbitan Gramedia ini memberikan warna yang berbeda dengan novel-novel Tere Liye yang sebelumnya. Bila buku-buku sebelumnya tidak jauh dari tema cinta dan anak-anak, kali ini cerita yang disampaikan sedikit berbeda. Bang Tere mengangkat tema tentang fenomena yang akhir-akhir ini sedang terjadi di negeri kita. Dari judulnya aja, ‘Negeri Para Bedebah’,  mungkin kita dapat mengira apa yang diceritakan di buku ini. Tema politik dan ekonomi menjadi pilihan Tere Liye kali ini. Namun bukan Tere Liye kalau tidak membuat pembacanya berdecak kagum. Kalau buku ini film, genre yang pas dari buku ini adalah action.. Di dalam buku ini memang tidak sedikit adegan-adegan para pelaku yang memacu adrenalin, dari mulai perkelahian, kebut-kebutan mobil dan masih banyak yang lainnya.

Thomas merupakan seorang konsultan keuangan yang sangat pandai dan cerdik. Dia adalah lulusan dari salah satu sekolah bisnis terbaik. Masa lalu yang cukup kelam membuatnya menjauhi pamannya yang bernama Liem. Sejak umur 10 tahun Tommy(panggilan kecil Thomas) harus kehilangan kedua orang tuanya karena tragedi di rumahnya. Namun sebuah kejadian yang membuat  sikap Tommy berbalik 180°, dia harus membantu Om Liem. Liem yang memiliki bisnis sebuah bank, terancam mengalami kebangkrutan. Bank tersebut akan ditutup dan kalau sampai hal tersebut terjadi, maka kekayaan Om Liem akan habis. Selain itu Liem juga kemungkinan besar akan masuk bui akibat  membiarkan adanya transaksi-transaksi ilegal di banknya. Akan tetapi bukan itu alasan yang memutuskan Tommy membantu om nya. Tommy memiliki sebuah rencana besar. Ia ingin mengungkapkan sebuah rahasia besar yang selama ini menjadi sebuah misteri dalam kehidupan keluarganya. Tommy meminta bantuan teman-temannya untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dia harus berhadapan dengan orang-orang penting di negeri ini. Hanya  kurang dari 60 jam waktu yang dimiliki Tommy. Apakah Tommy bisa melakukannya? Siapa sebenarnya dalang dibalik peristiwa sekarang dan beberapa puluh tahun yang lalu itu?

Banyak hal tak terduga dalam perjalanan Tommy. Pengkhianatan yang dibalas pengkhianatan, tidak lepas juga celetukan-celetukan lucu khas Tere Liye ada di buku ini. Jika dilihat alur ceritanya, kisah dalam buku ini seperti menggambarkan sebuah kisah nyata yanag ada di negeri ini. Proses bagaimana sebuah bank yang nyaris bangkrut dan akhirnya pemerintah harus mengeluarkan Bail Out (dana talangan) untuk bank tersebut. Namun dalam bukunya Bang Tere menjelaskan kalau cerita ini hanyalah fiktif dan rekayasa penulis. Terlepas dari fiktif atau tidak kah cerita yang ada dalam buku ini, banyak manfaat dan pengetahuan yang dapat kita serap dari buku ‘Negeri Para Bedebah’. Selamat menikmati sajian istimewa dari Tere Liye. Happy Reading 🙂

Advertisements