Kemajuan teknologi semakin melejit. Di era yang digital ini, siapa coba yang gak kenal dengan microsoft office? Dari kebutuhan untuk personal, pendidikan hingga profesional pun pasti akan menyadari pentingnya file office tersebut. Sangat penting juga pastinya bagi mereka agar bisa menympan file-file office tersebut dengan aman. Walaupun bisa saja kita menyimpan file tersebut di hardisk, flasdisk atau bahkan CD, namun hal tersebut masih menimbulkan kekhawatiran akan keamanan file-file office. Bagaimana kalau komputer kita terkena virus dan menyerang file penting yang kita miliki? Bagaimana jika suatu kondisi mengharuskan kita memformat hardisk? Bagaimana kalau tiba-tiba CD/hardisk kita rusak gak terbaca? Dan ternyata ada file penting-penting yang ada di sana seperti bahan skripsi, daftar-daftar penting, atau file pekerjaan yang sangat penting karena menyangkut profesi kita? hehehe.

Ada beberapa cara alternatif yang bisa kita pakai untuk menyimpan file kita dengan aman. Di jaman yang semajju ini, tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya “cloud” . Yaitu sebuah cara yang memungkinkan kita untuk menyimpan file kita secara online. Dengan begitu, file tersebut tidak akan terpengaruh dengan kondisi komputer dan disk yang kita pakai. Mereka akan senantiasa aman di sana. Salah satu storage cloude yang bisa dipakai adalah Box.com . Dengan mengintegrasikan apliksi office kita dengan box.net, maka kita bisa menyimpan file-file office kita dengan aman dan mudah tentunya. Dan yang paling penting lagi, cloud ini ada yang gratis kok. Walaupun hanya memiliki storage (kapasitas penyimpanan) sebesar 5 GB dan tiap file dibatasi maksimal sebesar 25 MB, hal tersebut tentu saja sudah cukup buat kita. Tapi kalau yang mau Unlimited juga bisa, dengan tambahan biaya tentunya 🙂 .

Cara untuk bisa menggunakan fasilitas ini, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Daftar (Sign Up) di sini , seperti biasa, kita disuruh menngisi form daftar dan menggunakan email untuk konfirmasi pendaftarannya.
  2. Setelah berhasil daftar, buka email yang berisi konfirmasi dari Box.com untuk verifikasi di email yang anda gunakan untuk mendaftar
  3. Log In ke Box.com, pilih menu tab  ‘Apps’
  4. Cari pilihan “Box for Office” , setelah itu Anda akan mendownload aplikasi   box for office tersebut
  5. Jika sudah selesai download, klik file tersebut dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai

Untuk melihat apakah langkah-langkah kita sudah berhasil, kita coba buka aplikasi office kita, word atau apa pun terserah, maka akan ada tampilan menu baru seperti gambar berikut :

Bisa kita lihat ada pilihan “save to box” , maka dengan satu klik saja kita sudah menyimpan file tersebut di box.com. Tentu saja koneksi internet diperlukan dalam hal ini yaaaa, hehehehe. Cukup mudah kan?

Nb: Box.com juga bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang ada di hape kita yang menggunakan OS Android dan iPad. Tingal download dan pasangkan saja di gadget yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba 😀